Dari kecil sampe sekarang gua emang hobi otomotif, dan sebagai seorang otomotifer sejati gua engga Cuma memperhatikan tentang pelajaran mesin aja, tapi juga belajar bertata-tertib di jalan raya.. kalo gua perhatikan banyak pengendara di sekitar gua yang gua anggap mereka sedang mengalami pubersitas on the road.. ugal-ugal an men.. apalagi pengendara motor
Di tempat gua nih banyak bikers mulai dari vespa, motor bebek, metic sampe Harley yang senengnya melanggar tata-tertib di jalan, contoh gampang nya mereka demen banget menyalahi peraturan lampu kuning di traffic light, Setau gue kalo peraturannya belum berubah kalo merah artinya berhenti. hijau artinya jalan dan kuning artinya hati-hati. Kalo hitam itu gothich tapi nyatanya banyak pengedara yang pas liat lampu kuning bukannya “hati-hati” tapi malah berekspresi
DI GAS POOOL NYEET!!!!
Dulu waktu SMA gua pernah praktekin ajaran sesat itu dari para pengendara yang sepertinya calon-calon pembalap GP gimana rasanya ngelanggar traffic light. Waktu ada lampu merah dan gua bersama motor gua posisinya ada sekitar 20 meteran dari lampu merah itu gua dari jauh udah nafsu untuk menyikat lampu hijau, tapi apesnya posisi gua di belakang mobil kijang. Gua berusaha nyalip tuh mobil,pas sukses gua salip, lampu lalu lintasnya udah kuning.
Kampret gua panik
Gue dilema mau nerobos atau enggak. Setelah gua amat-amati plus gua clingak-clinguk kanan kiri gua pastiin di perempatan itu enggak ada polisi, aman!! Dengan tulus gua terobos tuh lampu kuning pas gue terobos,si lampu kuning udah berubah jadi merah. “ah jaraknya deket ini, enggak masalah ” pikir gua.
Ternyata jarak ngelewatin perempatan itu engga sedeket yang gua kira. Pas gua baru ditengah-tengah perempatan,kendaraan yang ada di sisi kanan gua udah mulai jalan.
Anjrit gua tambah panik, enggak sengaja gua langsung orgasme di tengah perempatan!!!
Tapi gua berusaha tetep staycool walau ada mas-mas yang hampir nabrak gua ada bapak-bapak yang matanya melotot ngeliat aksi gua ,ada tante-tante girang yang nawar gua.. gua cuekin misi gua adalah gimana caranya menyelamatkan diri dari rentetan serangan kendaraan yang ada di sebelah kanan gua itu
Walaupun gua sempet di bentak sama om-om yang lewat akhirnya gua bias menyelamatkan diri.. 2 meter dari seberang perempatan gua sadar kalo mentaati peraturan di jalan iu penting banget, jadi kalo misalnya kuning itu adalah hati-hati menuju berhenti bukannya berimprovisasi nyari mati.
Lain lagi pas gua naik motor sama temen gua yang ini gua masih SMP. gua masih inget kejadiannya waktu itu tiap sore gua biasa maen bola di lapangan tanah. Gua bersama 2 temen gua biasa kesana jalan kaki sambil gocek-gocek bola di jalan, tapi pada suatu hari temen gua yang nama irfan sama bayu jemput gua naik motor nya irpan, gua ngerasa ada diskriminasi di sini irpan sama bayu kelapangan naek motor masa gua jalan kaki. Akhirnya gua sempet protes tapi atas kebijaksanaannya irpan dia bilang “ udah kita bonceng tiga aja “ Jadilah satu motor ini kita naikin bertiga. Dengan formasi Irpan sebagai ujung tombak di depan,gua sebagai gelandang pengatur serangan dilini tengah dan Bayu bertugas menjaga pertahanan dibelakang. Kita bertiga mulai mengarungi kerasnya jalan raya.
Gua mikir si Irpan ini emang udah piawai mengendarai motor gua sempet kagum juga anak SMP udah berani naik motor di jalan raya padahal belum dapet SIM, awalnya lancar-lancar aja,di jalan lurus si Irpan masih ngikutin jalan lurus,di tikungan Irpan bisa nikung ngikutin gayanya Pedrosa lagi nungging, tapi pas ditanjakan rekor mulus tanpa cacat itu berhenti. Kita bertiga kayak tiga anak idiot yang main odong-odong ditanjakan.
MOTORNYA GAK BISA NAIK TANJAKAN!!
Kamprets. Apalagi posisi tanjakannya merangsang abis. Tinggi enggak, rendah juga enggak.
Gue liat tangan si Irpan udah geber motor sekuat tenaga, tapi motornya enggak bereaksi.
“Pan ,ini gigi berapa?” Tanya gua heran.
“gak tau gigi berapa ini” jawab si Irpan tanpa dosa.
Gue langsung liat ke speedometer-nya.
ANJRIT TOP GEAR! INI GIGI 4 MONYET!!!
Pantes aja gak bisa naik tanjakan. Sudah bonceng 3, naik tanjakan gigi 4. Gua malu sama Lance Amstrong. “ kurangin gigi nya Pan” kata Bayu dari belakang gua.. “ okay bay “ jawab Irpan yang suaranya kayak orang kebelet boker
BRAAAKKK…” wadooohhh!!! “ gua menjerit. “ SIALAN “ teriak Irpan.. “ MIYABI “ bayu mengeluarkan suara.. kita jatoh bro.. kampret, itu jatoh perdana gua dari motor.
Ternyata irpan ngurangin gigi,bukannya sukses ngelewatin tanjakan,yang ada kita bertiga jatoh dari motor gara-gara si motor mendadak loncat.
Yang jadi pertanyaan adalah kenapa si motor mendadak loncat?
Perpindahan gigi dari gigi 4 ke 3 tanpa ngurangin gas adalah jawabannya. Kalo gue pikir-pikir bukan salah si Irpan yang buat kita bertiga main odong-odong dengan idiotnya dan berakhir main rodeo dan tersungkur nyium aspal. Ngendarain motor itu butuh proses,butuh mental yang kuat, jiwa seorang kesatria serta butuh konsentrasi tinggi. Gak asal naik,nyalain mesin,masukin gigi lalu nabrak. Gak,gak kayak gitu. Di tambah lagi naik motor dengan boncengan 3 orang itu juga menyalahi aturan gua sempet mikir coba waktu itu yang naik 2 orang aja walaupun Irpan masih bego-begonya naik motor dengan mengandalkan gigi 4 di atas tanjakan tapi kalo misalnya di naikin 2 orang aja paling enggak motor itu masih mampu jalan walaupun dengan suara jeritan kesakitan dari motor tersebut, 2 menit gua jatuh dari motor itu gua sadar kalo naik motor yang ideal itu cukup 2 orang aja.. sama kayak KB 2 anak lebih baik.. masih banyak peraturan-peraturan yang harus di kendarain seperti pake Helm SNI, pasang Spion dll.. dan dari pengalaman yang pernah gua alamin gua bertekad untuk berlalu-lalang di jalan sesuai peraturan yang berlaku.. laki-laki sejati kalo naik motor enggak pake Helm?? Salah… yang bener itu laki-laki sejati kalo kencing di closet!!!
Salam lalu lintas ( Romphus )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Yang pake Anonim, kalo berkenan di tulis ya namanya kamu